Jenis Stiker Label yang Sering Digunakan

 Jika Anda seorang pengusaha yang tertarik untuk menggunakan stiker sebagai media promosi juga. Terdapat beberapa hal yang perlu Anda ketahui terlebih dahulu. Salah satunya adalah jenis-jenis dan material dari printing label stiker kemasan yang akan digunakan. Namun, sebelum masuk lebih jauh, pastikan Anda mengetahui definisi stiker label terlebih dahulu.

Pengertian Stiker Label

Stiker label merupakan sebuah alat yang digunakan untuk mencantumkan informasi terkait sebuah produk. Komponen ini biasanya menyampaikan informasi berupa komposisi, kandungan gizi, kontak produsen hingga tanggal kadaluarsa. Meski bentuknya kecil, komponen ini memiliki fungsi yang cukup krusial. Selain digunakan untuk memberikan informasi pada pelanggan, stiker label juga bisa digunakan sebagai identitas pembeda antara produk yang Anda jual dengan produk dari kompetitor.

Maka dari itu, para pelaku usaha sangat disarankan menggunakan stiker label kemasan pada produk yang akan mereka jual pada konsumen. Lewat stiker inilah, konsumen juga dapat menentukan pilihan produk mana yang akan mereka beli.Semakin lengkap informasi yang disampaikan oleh komponen stiker label ini, maka semakin baik dan semakin berpotensi memberikan keuntungan penjualan yang maksimal.

Jenis-jenis Stiker Label Berdasarkan Material Pembuatan

Sebelum memutuskan untuk mencetak stiker label untuk bisnis Anda. Pastikan Anda mengetahui terlebih dahulu material-material apa saja yang bisa digunakan untuk produksi stiker label tersebut. Setidaknya terdapat 3 jenis material stiker label yang sering di gunakan dan kami rekomendasikan untuk Anda. Berikut beberapa di antaranya:

Stiker kertas

Jenis material pertama stiker label yang sering di gunakan adalah dengan kertas. Biasanya digunakan untuk memproduksi stiker yang akan digunakan di dalam ruangan. Karena sifat stiker kertas yang kurang bagus jika terkena air. Hal ini dapat menyebabkan blur atau kerusakan desain dari stiker tersebut.Beberapa jenis kertas yang sering digunakan dalam hal ini ialah stiker kertas HVS, stiker chromo dan bontax. Anda bisa menyesuaikannya sesuai dengan preferensi serta tujuan Anda dalam menggunakan stiker tersebut. Karena masing-masing komponen memiliki kelebihan dan kekurangannya.

Baca juga : Membuat desain stiker kemasan label yang menarik, ini tips – tipsnya

Stiker vinyl

Selanjutnya, ada stiker vinyl yang juga tak kalah populer. Berbeda dengan stiker kertas yang cenderung mudah luntur jika terkena air dan hanya direkomendasikan untuk stiker dalam ruangan. Nah, stiker vinyl lebih fleksibel karena ia dapat digunakan untuk penerapan di indoor (dalam ruangan) ataupun outdoor (luar ruangan). Sehingga, jenis material yang satu ini sangat direkomendasikan bagi Anda yang ingin membuat stiker label kemasan.

Stiker plastik

Terakhir, ada stiker plastik yang juga memiliki keunggulannya tersendiri. Salah satu jenis stiker dengan material plastik yang cukup banyak digunakan adalah stiker transparan. Stiker transparan ini, bisa Anda tempelkan pada kemasan produk yang memiliki wadah transparan. Dengan demikian, isi produk yang berada di dalamnya pun masih bisa terlihat jelas dan tetap menarik perhatian.Masing-masing jenis material di atas, memiliki kelebihan serta kekurangannya tersendiri. Maka dari itu, sebelum mencetaknya Anda benar-benar harus memahami konsekuensi dari penggunaan masing-masing material yang akan Anda pilih.

Kelebihan dan Kekurangan Masing-masing Jenis Material Stiker

 Kelebihan dan Kekurangan Stiker Kertas

Seperti yang telah disinggung sebelumnya, stiker kertas memiliki daya tahan rendah terhadap air. Ia akan mudah mengalami luntur atau rusak jika terkena media yang basah. Selain itu, daya rekatnya juga tak begitu bagus dan mudah mengelupas. Kelebihan stiker kertas biasanya dibandrol dengan harga yang lebih murah jika dibandingkan dengan material yang lain. Stiker jenis ini memang jarang digunakan untuk label kemasan, namun Anda bisa menggunakannya untuk souvenir atau merchandise sebagai reward bagi pelanggan yang sudah melakukan pembelian di toko Anda.

Kelebihan dan Kekurangan Stiker Vinyl

Jika Anda mencari material stiker yang memiliki hasil gambar yang tajam serta memiliki daya rekat cukup kuat, maka jenis stiker vinyl bisa dijadikan pilihan. Selain itu, kelebihan lain dari material jenis ini adalah kualitasnya yang cukup awet dan tahan lama meski digunakan di luar ruangan. Ia tidak akan mudah mengelupas atau luntur meski terkena air atau paparan sinar matahari.

Kekurangan dari stiker vinyl sendiri biasanya berasal dari vendor percetakan. Kualitas tinta serta alat printing yang digunakan akan sangat mempengaruhi dari hasil cetak stikernya. Maka dari itu, pastikan Anda menggunakan jasa percetakan stiker atau vendor yang berkualitas seperti Digibook Promotion, yang merupakan salah satu vendor digital printing terbaik di Indonesia dan sudah banyak dipercayai oleh klien-klien besar seperti BPJS Kesehatan, Semen Gresik bahkan hingga Bank BRI.

Kelebihan dan Kekurangan Stiker Plastik

Terakhir, kita akan membahas kelebihan dan kekurangan dari material plastik yang digunakan untuk pembuatan stiker. Karena terbuat dari plastik, stiker jenis ini tentu akan lebih tahan terhadap percikan air atau bahkan air hujan. Anda tak perlu takut stiker ini luntur karena ia memiliki kualitas ketahanan yang cukup baik. Selain itu, karena bahan dasarnya yang transparan membuat stiker plastik ini tidak akan mengganggu kemasan yang ingin memamerkan isi produk di dalamnya. Anda bisa menggunakannya untuk label kemasan produk makanan atau minuman tertentu.Kelemahannya, stiker ini mudah berembun jika sudah terkena air. Meski tak akan mengganggu kualitasnya, namun jika dibiarkan dalam jangka waktu cukup lama tinta dalam stiker ini juga perlahan akan berkurang kualitasnya.

Peruntukan Jenis Stiker yang Tepat untuk Kegunaannya dalam Keseharian

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, masing-masing jenis stiker memiliki fungsinya tersendiri. Untuk memaksimalkan fungsi tersebut, Anda harus menggunakan material yang tepat untuk kegunaan yang sesuai pula. Misalnya, pada stiker kertas, direkomendasikan untuk penggunaan di dalam ruangan atau di mana pun yang tidak mudah terkena air. Anda bisa menggunakan stiker kertas ini untuk ditempelkan pada kulkas, tembok di rumah atau laptop agar terlihat lebih keren.